IEEE Indonesia Section menyelenggarakan Webinar Professional Development Workshop: Early Career Life with IEEE, Sabtu 20 Februari 2021. Webinar dimulai pukul 09.30 WIB dengan diikuti sekitar 95 peserta. Acara berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini juga berbarengan dengan seremoni sekaligus selebrasi 33 tahun IEEE Indonesia Section.

Webinar dihadiri Chair of IEEE Indonesia Section, Dr. Ing. Wahyudi Hasbi. Dalam sambutannya ia menyampaikan sejarah awal mula terbentuknya IEEE Indonesia Section. Disampaikannya, IEEE Indonesia Section terbentuk karena adanya kesamaan visi antara akademisi, profesional dan pemerintahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selama 33 tahun, IEEE Indonesia Section telah memberikan sumbangsih nyata bagi Indonesia melalui berbagai aktivitas.

“Ada lebih dari 20.000 IEEE Conference Publication, ada lebih dari 260 IEEE Journal Publication oleh penulis Indonesia. IEEE IS juga sudah melaksanakan lebih dari 50 aktivitas profesional, teknikal, non-teknikal, dan administrasi. Kita juga sudah mensponsori lebih dari 50 high quality conference,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Wahyudi, IEEE Indonesia Section telah memiliki lebih dari 2500 anggota yang terdiri dari akademisi, profesional dan pemerintahan. IEEE Indonesia Section juga memiliki 25 Technical Society Chapter/Joint Chapter.

“Kita juga mendorong lahirnya 24 Student Branches dan 9 Student Branch Chapters. Ada pula 2 Affinity Group: Young Professional dan Women in Engineering serta 1 SIGHT on eHealth and Telemedicine. Untuk saat ini, kita sedang berupaya mendorong terbentuknya Subsection di timur Indonesia sehingga seluruh anggota IEEE IS bisa merasakan kedekatan dan manfaat bergabung menjadi anggota,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Advisory Board of IEEE Indonesia Section, Prof. Fitri Yuli Zulkifli mengapresiasi penyelenggaraan Webinar Professional Development Workshop: Early Career Life with IEEE. Ia menaruh harapan yang besar kepada para peserta untuk menggali wawasan sebanyak-banyaknya sehingga bermanfaat dalam meniti karir. Fitri juga turut berbahagia dengan 33 tahun IEEE Indonesia Section. Menurutnya, organisasi ini pernah jatuh bangun saat tahun 1998 dimana jumlah anggotanya turun drastis. Namun dengan semangat juang akhirnya bisa bertahan sampai sekarang.

Ucapan selamat juga disampaikan Director of IEEE Region 10, Deepak Mathur. Menurutnya IEEE Indonesia Section telah memberikan manfaat yang signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia juga mengapresiasi jumlah anggota IEEE Indonesia Section yang sangat banyak, terdiri dari akademisi, profesional dan pemerintahan. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan, baik sebagai pembicara maupun penyelenggara acara.

Webinar Professional Development Workshop: Early Career Life with IEEE ini menghadirkan tiga pembicara, di antaranya Operational Director of PT Telkomsat, Dr. Anggoro Kurnianto Widiawan; Rector of Institut Teknologi 10 November, Prof. Mohamad Ashari serta Director of the Regional Resource Development Technologi Center of BPPT, Dr. Agustan. Ketiga pembicara ini berbagi pengalamannya dalam meniti karir dengan memanfaatkan berbagai keuntungan sebagai anggota IEEE.