Rapat perdana Pengurus IEEE Indonesia Section 2021 dengan Student Branches IEEE 2021 dan Chapters IEEE 2021 pada Sabtu, 23 Januari 2021 berlangsung lancar. Rapat yang digelar dalam dua sesi ini dilakukan secara daring. Sesi pertama dilakukan dengan Student Branches IEEE 2021 pada pukul 08.30-10.00 WIB, sedangkan sesi kedua dilakukan dengan Chapters IEEE 2021 pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Rapat ini dipimpin langsung oleh IEEE Indonesia Section 2021 Chair, Dr.Ing. Wahyudi Hasbi. Turut mendampingi IEEE Indonesia Section 2021 Vice Chair, Prof. Gamantyo Hendrantoro. Hadir pula para pengurus IEEE Indonesia Section 2021 serta para member.

Pada sesi pertama IEEE Indonesia Section 2021 Chair, Dr.Ing. Wahyudi Hasbi menyampaikan tentang visi-misi, perkembangan IEEE  Indonesia Section serta rencana kerja yang berkaitan dengan Student Branche. Wahyudi juga menjelaskan bahwa saat ini IEEE  Indonesia Section sudah memiliki 23 Student Branche.  Mereka akan didorong untuk berperan lebih aktif lagi dalam berbagai kegiatan.

“Jadi tidak hanya menambah jumlah member, tapi mengadakan kegiatan yang saling bersinergi. Dalam waktu dekat Universitas Negeri Malang akan bergabung,” ujarnya.

Wahyudi menambahkan, dalam waktu dekat IEEE Indonesia Section akan mengadakan Indonesia Student Branche Congres 2021, Member Gathering 2021, IEEExtreme, IEEE Day, Technical Meetings, Social Event, Local Student Branche Activity dan Mendukung Program Merdeka Belajar bagi mahasiswa anggota IEEE Indonesia Section.

Dalam kesempatan yang sama, IEEE Indonesia Section 2021 Vice Chair, Prof. Gamantyo Hendrantoro ingin Student Branche menggiatkan Program Merdeka Belajar dalam kegiatan IEEE. Begitu pun sebaliknya, ia ingin Student Branche memanfaatkan IEEE sebagai salah satu jalan mewujudkan Program Merdeka Belajar.

“Adapun kegiatan mahasiswa yang boleh dilakukan di luar Program Studi diantaranya pertukaran pelajar, magang, asisten mengajar di satuan pendidikan, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi serta membangun desa,” jelasnya.

Pada sesi kedua IEEE Indonesia Section 2021 Chair, Dr.Ing. Wahyudi Hasbi menjelaskan tentang visi-misi, perkembangan IEEE  Indonesia Section serta rencana kerja yang berkaitan dengan Chapter. Disampaikannya, dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan IEEE Cyberneticscom 2021 Conference (Theme: AI & Data Science related).  IEEE Indonesia Section juga akan menginisiasi Program Merdeka Belajar, inisiasi kerja sama antara Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) dengan IEEE Indonesia Section dan lainnya. (Desy)